Memindah Folder Htdocs dan Mysql data pada XAMPP

Posted by love your self first On Sabtu, 15 September 2012 1 komentar
Kesempatan lalu saya menjelaskan tentang instalasi XAMPP, maka sekarang saya akan menjelaskan cara untuk ubah settingan pindah folder htdocs dan mysql data pada XAMPP. Ini bukan artikel copas (copy-paste), tapi ini asli pengalaman saya lho. :)
Sebenarnya settingnya cukup mudah, tapi perlu perhatian agar XAMPP tidak error saat dijalankan. Sebenarnya settingan ini berfungsi untuk jaga-jaga jika partisi system Windows error dan harus format untuk install ulang Windows. Dengan settingan ini kamu bisa lebih tenang dan leluasa memindah-mindah folder project websitemu. Folder tujuan bebas, bisa ke folder yang beda partisi bahkan bisa dari flashdisk, yang penting di settingan folder tujuannya benar.
Untuk development project yang extreme dan kompleks, menurut pengalaman saya memang perlu untuk memisahkan satu folder project dengan project lainnya supaya tidak bingung. Caranya dengan mengubah settingan folder htdocs saja. Kalo untuk folder MySQL tidak perlu diubah karena data bercampur tidak akan membuat pusing saat bekerja. Terlebih jika kita ingin mencoba settingan htaccess untuk mendapatkan Seo Friendly URL seperti domain asli. Semisal biasanya kita akses project dengan alamat “http://localhost/project1/”. Dengan settingan ini kita bisa akses satu project langsung ke foldernya, jadi kita bisa mengaksesnya hanya dengan alamat “http://localhost/” saja. Menarik bukan? (atau bingung mas-mbak-dek-om-tante?hehehe :lol: )

Settingan untuk Pindah Folder MySQL Data pada XAMPP


Oke, saya mulai dengan cara mengubah folder MySQL data terlebih dahulu supaya fokus nanti saat cara setting pindah folder htdocs. Pertama-tama kita perlu copy semua data dari folder “C:xamppmysqldata” ke folder tujuan. Jika sudah, sekarang ubah settingan MySQL di file “C:xamppmysqlbinmy.ini”. Cari dan ubah bagian setting, misalnya untuk folder tujuan berada di “D:data_sql”:
Settingan My.ini
1
2
3
4
5
datadir="D:/data_sql"
...
innodb_data_home_dir = "D:/data_sql"
...
innodb_log_group_home_dir = "D:/data_sql"
Jika sudah diedit, simpan dan restart service MySQL. Coba juga akses PhpMyAdmin dari “http://localhost/phpmyadmin”. Jika error Access Denied, maka kamu perlu ubah settingan web PhpMyAdmin dari “C:xamppphpMyAdminconfig.inc.php”. Cari dan ubah bagian setting untuk username dan password login ke MySQL:
Settingan config.inc.php
1
2
3
4
5
6
7
8
9
/* Authentication type and info */
$cfg['Servers'][$i]['auth_type'] = 'config';
$cfg['Servers'][$i]['host'] = 'localhost';
$cfg['Servers'][$i]['connect_type'] = 'tcp';
$cfg['Servers'][$i]['compress'] = false;
$cfg['Servers'][$i]['user'] = 'root';
$cfg['Servers'][$i]['password'] = 'password-login';
$cfg['Servers'][$i]['extension'] = 'mysql';
$cfg['Servers'][$i]['AllowNoPassword'] = true;
Seharusnya PhpMyAdmin sudah bisa diakses dengan baik. Jika masih belum bisa, coba gunakan browser lain dan hapus cache atau tembolok browser.

Settingan untuk Pindah Folder MySQL Data pada XAMPP

Sekarang saatnya untuk mengubah settingan untuk pindah folder htdocs pada xampp. Pertama-tama kamu bisa copy folder htdocs terlebih dahulu ata hanya dengan membuat folder baru saja untuk tujuan htdocs, langkah ini opsional tergantung kebutuhanmu. Jika sudah, sekarang ubah file “C:xamppapacheconfhttpd.conf”. Cari dan ubah settingan seperti di bawah ini, semisal diubah “D:data_project”:
Settingan httpd.conf
1
2
3
DocumentRoot "D:/data_project"
...
<Directory "D:/data_project">
Simpan file settingan lalu restart service apache. Seharusnya saat kamu akses “http://localhost/” sudah menampilkan data di folder yang baru. Simple bukan? Ya iyalah, hari gini gitcuw loh, bukan jaman batu lagi kale. :lol: Sori kalo lebay, mantan pemain band dan juga pemain drama, harus totalitas.hehehe Oke sampai di sini dulu artikelnya tentang pindah folder htdocs dan mysql data folder pada xampp. :)

ARTIKEL TERKAIT:

1 komentar:

Unknown mengatakan...

mas bisa ajari saya membuat Blog seperti ini ?
saya ada tugas membuat blog dan masih bingung , yang saya bisa hanya di Localhost
hehe

Posting Komentar